a
Home » , » Fungsi Ginjal Pada Manusia

Fungsi Ginjal Pada Manusia

Fungsi Ginjal Pada Manusia adalah artikel saya selanjutnya untuk Blog Ariftea.com apa itu ginjal ? Ginjal adalah Organ yang mirip atau berbentuk seperti kacang atau sering disebut juga dengan Oragan ekskresi dalam vertebrata. Ginjal itu sendiri memiliki fungsi utama yaitu menyaring Kotoran (terutama urea) dan membuangnya dalam bentuk urin. keluar bersama dengan air. ginjal juga bagian dari sistem Cabang dari kedokteran yang mempelajari ginjal dan penyakitnya disebut nefrologi.



Selain yang di atas masih ada beberapa fungsu Ginjal yang tidak kalah pentingnya buat tubuh kita, adaoun fungsi tersebut adalah sebagi berikut ini



1. Fungsi ginjal yang nomor satu adalah fungsi yang utama dari pada ginjal yaitu sebagai tempat penyaringan darah. Bagian ginjal yang bernama nefron yang bertugas sebagai penyaring darah. Pada bagian nefron ini memiliki tujuan yaitu memilah- milah darah yang baik dan bisa dialirkan keseluruh tubuh dan juga untuk membuang racun sisa- sisa makanan dan juga obat- obatan yang tidak berguna bagi tubuh. Jika bagian nefron ini tidak berfungsi dengan baik maka virus, bakteri dan penyakit akan mudah datang yang masuk melalui darah dan dialirkan kedalam tubuh, sehingga pasien akan meninggal dalm waktu yang cukup singkat.

2. Ginjal sebagai pengatur jumlah dari volume darah dimana keseimbangan volume yang beada di dalam darah tersebut dilakukan oleh ginjal, tujuannya adalah untuk mengontrol banyaknya karena jika kekurangan darah maka tubuh akan menjadi lemah, jika terlalu banyak darah maka tubuh tidak akan kuat menampung darah yang akan dialirkan tersebut.

3. Ginjal sebagai penyaring glukosa dan juga beberapa zat gizi dalam tubuh, ginjal berfungsi juga untuk mempertahankan zat- zat yang penting bagi tubuh yang berada dalam darah yang kemudian akan dialirkan kembali ke seluruh peredaran darah.

4. Fungsi ginjal sebagai pengatur keseimbangan kimia darah. Garam didalam darah berfungsi untuk mengikat air, jika kelebihan gula darah tentu saja akan berakibat sangat fatal bagi tubuh yaitu terjadinya penumpukan cairan yang menyebabkan anggota tubuh menjadi bengkak.

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Download Game Gratis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 18 Maret 2014. Ariftea.com - All Rights Reserved
Sponsor by Creating Website
Proudly powered by Blogger