a
Home » , » 12 Gunung Tertinggi di Indonesia

12 Gunung Tertinggi di Indonesia

Tanah yang menanjak sangat tinggi menunjang langit atau gunung adalah Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit. di indonesia ada beberapa gunung yang di kategorikan gunung gunung tertinggi di indonesia. indonesia sendiri adalah negara yang memiliki jumlah gunung terbanyak sehingga indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Tetapi kembali lagi ke orang nya dapatkah kita mengelolahnya dengan baik dan tidak merusaknya agar dapat di jadikan sumber sumber kekayaan yang positif.

gunung gunung tertinggi di indonesia ini di mulai dari ketinggian di atas 2000 meter di atas permukaan laut khususnya di indonesia.

[1] . Puncak Jaya Wijaya (Papua)

Tidak lain gunung tertinggi di indonesia adalah terdapat di pulau papua dimana disana terdapat gunung yang banyak di minati oleh pendaki dunia maupun indonesia. gunung Carstenz Pyramid atau yang sering di sebut dengan puncak jaya wijaya ini adalah gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 4.884 meter di atas permukaan laut, Hal ini membuat bagian atas Puncak Jaya selalu tertutup oleh salju namun salju itu tidak turunke bawah nya jika salju sampai kebawah mungkin indonesia akan mendapatkan ke ajaiban yaitu turunya salju.



[2] Puncak Mandala (Papua)

Puncak mandala , lagi lagi dari indonesia wilayah timur papua di sanaterdapat lagi gunung yang tinngi dengan nama Puncak Mandala (Papua) gunung ini menjadikan gunung tertinggi di indonesia dengan ketinggian sekitar 4.760 meter dan merupakan bagian dari Pegunungan Jayawijaya di sebelah timur Papua. boleh kamu ketahui pada tahun 90-an gunung Puncak Mandala (Papua) ini masih di selimuti salju di puncaknya karena faktor pemanasan global kini puncak mandala tak se keren dulu tetapi itu tidak membuat gunung ini menjadi buruk ketika salju itu hilang.


[3] Puncak Trikora (Papua)

Gunung tertinggi di dunia yang ke 3 adalah Puncak Trikora dimana gunung yang berada di papua ini memiliki Dahulu, puncak Trikora yang mencapai 4.750 meter. pada tahun 1960 ouncak dari gunung Puncak Trikora ini masih di selimuti oleh salju salju namun sekarang sudah tidak lagi yaitu disebabkan oleh pemanasan global. 


[4] Puncak Ngga Pilimsit (Papua)

Gunung yang berada diwilayah indonesia bagian timur ini adalah gunung yang keempat yang tertinggi di indonesia. Gunung yang memiliki ketinggian yang mencapai 4.717 meter di atas permukaan laut sebenarnya hanya berjarak 21 KM dari puncak gunung tertinggi di indonesia.

[5] Gunung Kerinci (Jambi)

Setelah kita tadi berada di pulau papua saatnya kita pindah ke pulau SUMATRA tepatnya di Jambi. di kota ini terdapat gunung yang yang tertinggi yakni Gunung Kerinci , gunung ini juga yang tertinggi di Sumatra. ketinggian Gunung Kerinci yang mencapai 3.805 meter ini merupakan habitat dari beberapa satwa langka seperti harimau dan badak Sumatera sebagai tempat penangkaran yang menarik.


[6] Gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat)

Gunung yang terdapat di BTB inii memiliki ketinggian yang masih layak di kategorikan sebagai 12 Gunung Tertinggi di Indonesia pasalnya gunung yang berada di Provinsi Nusa Tenggara barat  ini memiliki ketinggian sekitar 3,726 m di atas permukaan laut. Gunung ini di percaya sebagai tempat suci bagi umat hindu di sekitar gunung rinjani.


[7] Gunung Semeru (Jawa Timur)

Bergeser ke pulau jawa terdapat gunung tertinggi ke tujuh yang bernama Gunung Semeru (Jawa Timur) gunung semeru sendiri merupakan tempat tujuan wisata pendidikan dan juga umum. perkiraan ketinggian dari gunung semeru ini adalah sekitar 3.676 meter. Gunung semeru sendiri memiliki keunikan yang membuat pendaki semakin bersemangat adalah setiap 10 menit yang menyembur dari kawah Jonggring Saloko.


[8] Gunung Sanggar (Nusa Tenggara Barat)

Kita kembali lagi ke NTB, disini terdapat 2 gunung tertinggi dimana yang pertama menduduki no 6 gunung tertinggi di indonesia dan yang kedua memiliki tinggi no 8 di indonesia dengan ketinggian 3.492 meter di atas permukaan laut. Namus gunung Sanggar masih kalah populer dengan Gunung rinjani yang sama sama terdapat di NTB.

[9] Gunung Rantemario (Sulawesi Selatan)

Disetiap pulau di indonesia hampir memiliki kebangganya masing masing yaitu gunung yang mencakar langit. setelah di bahas di atas ada gunung terdapat di pulau Sumatra, Papua dan jawa sekarang di pulau sulawesi dimana terdapat gunung yang bernama Gunung Rantemario (Sulawesi Selatan) gunung ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 3.478 meter.


[10] Gunung Selamet (Jawa Tengah)

Gunung ini berada di di perbatasan Kabupten Banyumas, Brebes, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang. gunung ini juga menjadi tempat favorit pendaki pendaki indonesia. Gunung Selamet (Jawa Tengah) merupakan gunung berapi yang aktif. ketinggian Gunung Selamet (Jawa Tengah) diperkirakan sekitar 3.428 Meter diatas permukaan laut. 

[11] Gunung Binaiya (Ambon)

Gunung yang terdapat di ambon merupakan gunung yang ke 11 yang masih layak di masukkan kedalam 12 Gunung Tertinggi di Indonesia pasalnya gunung ini memiliki ketinggian yang mencapai 3027m di atas permukaan laut. Gunung ini masih jarang di lakukan pendakian oleh orang orang pendaki.



[12] Gunung Bukit Raya (Kalimantan)

Dan yang ke 12 gunung tertinggi di indonesia adalah Gunung Bukit Raya (Kalimantan) gunung ini memiliki ketinggian sekitar ketinggian 2.278 meter. Gunung ini berada pada perbatasan propinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan tengah, dengan puncak bukit raya terletak di Pegunungan Schwaner. walaupun gunung ini terdapat di no 12 di indonesia bukan berarti gunung ini yang paling pendek karena masih banyak gunung gunung yang lebih kurang dari ketinggian 2.278 M.





Indonesia adalah negara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Sehingga bagi kita penerus bangsa wajib menjaga dan memelihara kelestarian Gunung, bukan hanya gunung banyak keindahan alam alam yang harus kita jaga dengan baik agar keindahanya selalu terjaga.

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Download Game Gratis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 18 Maret 2014. Ariftea.com - All Rights Reserved
Sponsor by Creating Website
Proudly powered by Blogger